Selasa, 23 Oktober 2012 - 13:52:06 WIB
Penyebab Nyeri Perut Kiri Bawah
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Tips dan Info Kesehatan - Dibaca: 40151 kali

Infopenyakitdalam.com - Mengingat banyak pembaca infopenyakitdalam.com menanyakan penyebab terjadinya nyeri pada perut bagian kiri bawah. Dalam tulisan kali ini kami mencoba merangkum penyebab-penyebab timbulnya rasa nyeri di perut kiri bawah, baik pada wanita maupun pria.

Nyeri perut memang merupakan keluhan yang lazim dialami banyak orang, dan keluhan tersebut dapat dialami oleh orang berbagai usia. Nyeri perut itu banyak sekali kemungkinan penyebabnya, bisa saja karena adanya peradangan otot perut maupun masalah yang terjadi pada usus, atau organ-organ lain yang terdapat di dalam perut.

Gejala nyeri perut kiri bawah sangat bervariasi, mulai dari gejala ringan hingga sangat berat, terjadi secara tiba-tiba atau bahkan berlangsung terus menerus. Mengingat organ reproduksi yakni ovarium, tuba fallopi, dan uterus berada di perut kiri bawah, maka rasa nyeri perut kiri bawah ini banyak dialami oleh kaum wanita. Terjadinya penyakit atau infeksi pada organ-organ ini dapat menyebabkan nyeri terus-menerus khususnya di perut kiri bawah. Berikut ini kami coba rangkum penyebab-penyebab nyeri perut kiei bawah pada wanita dan pria.

Penyebab nyeri perut kiri bawah pada wanita

Kehamilan ektopik. Seorang wanita hamil tentu saja bisa mengalami nyeri perut yang ringan di bagian perut kiri bawah, ini karena terjadinya pelebaran rahim. Nyerinya hanya ringan saja dan datangnya sesekali, namun apabila nyerinya hebat dan terus-menerus, patut dicurigai sebagai kehamilan ektopik, yaitu kehamilan dimana janin tumbuh di luar rahim, biasanya di dalam tuba fallopi. Kalau Anda merasakan ini, segeralah konsultasi dengan dokter kandungan terdekat.

Endometriosis. Ini penyakit kandungan. Biasanya rasa nyeri bertambah hebat bersamaan dengan datangnya haid. Dapat timbul nyeri perut kiri bagian bawah.

Pecahnya kista ovarium. Pada wanita yang mempunyai kista ovarium. Saat pecah, maka akan timbul nyeri hebat di perut kiri bawah.

Pelvic inflammatory disease (Penyakit inflamasi pelvis). Penyakit ini juga dapat menyebabkan nyeri perut kiri bawah.

Divertikulitis. Penyakit ini terjadi pada usus besar dan akan menyebabkan rasa nyeri pada perut kiri bawah. Penyakit ini banyak dijumpai pada orang-orang berusia 60 tahun ke atas.

Penyakit Crohn. Ini merupakan suatu penyakit kronis yang mengenai saluran cerna. Adanya infeksi dan peradangan dapat menyebabkan nyeri perut kiri bawah.

Hernia. Hernia bisa terjadi rasa nyeri karena usus terjepit. Sering gejala awal dari hernia berupa rasa nyeri yang dipacu oleh gerakan atau aktifitas tubuh yang menyebabkan tekanan di dalam perut meningkat, tetapi belum terlihat di permukaan dinding perut. Bisa timbul karena angkat beban berat atau batuk-batuk yang lama. Bila terkena hernia mesti hati-hati, sebab kalau ususnya kejepit, maka usus dapat mengalami kerusakan dan terpaksa harus dipotong. Hernia dapat terjadi di kiri atau kanan, bila terjadi disebelah kiri maka akan menimbulkan rasa nyeri di perut kiri bawah. Ini biasanya penderita sudah ada hernia sebelumnya, namun saat kejepit itulah akan timbul rasa nyeri yang hebat. Penderita mesti segera ke dokter spesialis bedah, jangan tunggu lama.

Infeksi kandung kemih. Infeksi kandung kemih ini sering dialami wanita ketimbang pria. Banyak disebabkan oleh infeksi bakteri. Gejalanya bisa berupa demam yang tidak terlalu tinggi, nyeri saat kencing, rasa panas saat kencing, atau kencing sebentar-bentar. Juga disertai dengan nyeri perut kiri bawah atau di bagian tengah bawah.

Batu ginjal. Ini lebih sering pada pria, namun ada juga wanita yang mengalaminya. Nyeri perut kiri bawah ini sangat-sangat sakit, sampai-sampai penderitanya guling-guling di tempat tidur sanking sakitnya, bahkan mengeluarkan keringat dingin. Ini disebut dengan nyeri kolik. Biasanya timbul akibat batu dari ginjal hendak keluar, tapi nyangkut di ureter (saluran dari ginjal ke kandung kemih). Hal inilah yang menyebabkan nyeri hebat di perut kiri bawah ataupun perut kanan karena ginjal ada dua, di kiri dan kanan.Bila ada keluhan ini segera ke UGD terdekat.

Gastroenteritis (Diare). Tentu saja diare dapat menyebabkan nyeri perut kiri bawah atau bahkan di seluruh perut. Bisa disertai dengan mual, muntah, atau kram perut. Banyak-banyaklah minum air putih apabila diare, dan segera ke rumah sakit, karena ditakutkan terjadinya dehidrasi.

Keracunan makanan. Keracunan makanan juga dapat menyebabkan nyeri perut kiri bawah. Selain itu dapat timbul mual, muntah ataupun diare dan demam. Gejalanya biasanya terjadi selama 24-48 jam. Untuk beberapa kasus, perlu dirawat di rumah sakit.

Penyebab nyeri perut kiri bawah pada pria

Nyeri perut kiri bawah pada pria banyak juga penyebabnya dan terkadang sulit didiagnosa. Jika gejala nyeri perut kiri bawah berlangsung terus-menerus, perlu segera ke dokter karena mungkin ada penyakit serius. Beberapa penyebab yang sering menimbulkan nyeri perut kiri bawah pada pria ada sebagai berikut:

Prostat. Infeksi prostat dapat menyebabkan pembengkakan dan peradangan ada kelenjar prostat. Penyebabnya bisa karena bakteri atau virus. Nyeri pada perut bawah biasanya hebat dan tajam.

Infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih ini dapat menyebabkan nyeri perut kiri bawah. Pada pria, terutama yang mempunyai batu ginjal dan pembesaran prostat, mudah sekali mengalami infeksi saluran kemih.

Hernia. (sudah dijelaskan di atas)

Batu ginjal. (sudah dijelaskan di atas)

Varikokel. Keadaan ini terjadi dimana terjadinya tekanan pada testis sehingga menghambat aliran darah vena. Nyerinya biasanya sangat hebat. Nyeri dapat dirasakan di perut kiri bawah ataupun kanan bawah dan di tengah.

Demikianlah penyebab-penyebab nyeri perut kiri bawah pada pria dan wanita. Bila nyeri hebat dan terus menerus, segera cari pertolongan dokter. Bila ada hal-hal yang belum jelas, dapat ditanyakan kepada admin infopenyakitdalam.com. Semoga bermanfaat.

 





790 Komentar :

Pelangsing Alami Diet Sehat
12 Mei 2015 - 13:48:18 WIB

Artikel yang sangat menarik.. Terimakasih admin atas informasinya
zygor gold guide review
13 Mei 2015 - 07:38:15 WIB

TҺankѕ for some other informative blog. Ԝhere else could I
get that kind of information written in such an ideal method?I have
a pprojеct that I am simply now running on, and I've been at the ǥlance
out for ѕuch info.
fat burning kitchen amazon
13 Mei 2015 - 10:00:38 WIB

Hi Dear, arе you in fact visiting thіs site on a regular basis, if
so afterward you will definitely take pleasɑnt knoաledցe.
zygor profession guide review
13 Mei 2015 - 14:08:47 WIB

TҺanks very іnteresting blog!
Cara Pengobatan Paru Paru Basah Secara Tradisional
13 Mei 2015 - 14:49:55 WIB

senang bisa berkunjung di halaman anda untuk memperbarui informasi dan kami tunggu artikel baru
fat burning kitchen book uk
13 Mei 2015 - 15:08:51 WIB

Hі there, the whole thiung is going perfectly here and ofcourse every
οne is shaгing facts, that's in fsct fine, keep up writing.
Application Hack Clash of Clans
14 Mei 2015 - 07:06:21 WIB

My spouse and I absolutely love your blog and
find most of your post's to be what precisely I'm looking for.
Does one offer guest writers to write content for you personally?
I wouldn't mind composing a post or elaborating on most of the subjects you write concerning here.
Again, awesome website!
noleggio auto lecce
14 Mei 2015 - 09:18:32 WIB

What's up, its pleasant article about media print, we
all be familiar with media is a great source of facts.
handsomejar5374.kazeo.com
14 Mei 2015 - 13:47:38 WIB

Fantastic beat ! I wish to apprentice while you amend
your web site, how can i subscribe for a blog web site?
The account helped me a acceptable deal. I had been tiny bit acquainted of
this your broadcast provided bright clear concept
xxx
14 Mei 2015 - 14:01:17 WIB

It's really a nice and helpful piece of information. I'm glad that you simply shared this useful information with us.

Please stay us up to date like this. Thank you for sharing.
<< First | < Prev | 1 | 2 | 3 | ... | 79 | Next > | Last >>
Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)