Sabtu, 20 Oktober 2012 - 17:45:05 WIB
Nyeri Perut Kanan Atas, Apa ya Penyebabnya?
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Konsultasi - Dibaca: 23913 kali

Dok, kenapa perut sebelah kanan atas saya dalam beberapa hari ini terasa sakit, rasa sakitnya berdenyut-denyut. Kira-kira apa penyebabnya, penyakitnya apa ya Dok? Mohon jawabannya, dok. Terimakasih.

Dewi (Ibu Rumah Tangga, 41 Tahun), via inbox FB

Jawaban

Ibu Dewi yang kami hormati. Terima kasih atas pertanyaannya. Pertama-tama sebaiknya kita definisikan dahulu apa itu nyeri perut kanan atas. Perut kanan atas dalam bahasa kedokteran disebut dengan “hipokondrium kanan”. Nah, nyeri perut kanan atas adalah nyeri yang timbul di daerah “hiokondrium kanan”, yaitu tepat di bawah lengkungan iga paling bawah sebelah kanan. Bagian kanan atas ini merupakan tempat nyeri yang sering dijumpai pada wanita maupun pria.

Rasa nyeri di perut kanan atas dapat bersifat ringan, sedang, maupun berat. Itu tergantung dari penyebabnya dan organ apa yang terlibat. Nyeri perut kanan atas ini tidak boleh diabaikan, karena kebanyakannya merupakan tanda suatu penyakit yang serius.  

Untuk penyebabnya, nyeri perut kanan atas sering disebabkan oleh kolesistitis (radang empedu), kolelitiasis, hepatitis, hepatoma, abses hepar, kelainan-kelainan pada pankreas, dan juga penyakit pada usus besar.

Seperti halnya bagian tubuh lain, supaya kita lebih paham mengenai nyeri perut kanan atas, ada baiknya kita mengenal dulu organ dan bagian tubuh apa saja yang ada di bagian kanan atas itu, antara lain:

  • Empedu, kandung empedu
  • Hepar (hati)
  • Ginjal
  • Kaput pankreas
  • Duodenum
  • Diafragma sebelah kanan

Dengan demikian, apapun penyakit yang mengenai organ atau bagian-bagian tubuh di perut sebelah kanan atas ini, dapat menyebabkan rasa nyeri di perut kanan atas.

Baiklah, kami akan coba jelaskan beberapa penyakit yang sering menimbulkan nyeri di bagian perut kanan atas. 

 

  • Batu Empedu. Kantung empedu itu letaknya dibawah hati di perut kanan agian atas. Batu dalam kandung empedu atau “kolelitiasis” dapat menimbulkan rasa nyeri apabila batu bergerak ke dalam saluran empedu dan menghambat aliran empedu, yang akan menyebabkan inflamasi (pembengkakan) kandung empedu. Biasanya nyerinya terasa hebat, disertai dengan demam yang tidak terlalu tinggi, mual dan muntah. Nah, inflamasi yang disebabkan oleh batu empedu ini disebut dengan kolesistitis atau radang empedu. Faktor resiko terjadinya batu empedu itu adalah wanita, subur, berumur 40 tahun ke atas, dan gemuk atau sering disebut dengan 4F (Female, Fertile, Forty, Fat). Selain itu, kanker kandung empedu juga dapat menyebabkan nyeri perut kanan atas.
  • Penyakit Hati. Mengingat hati terletak di perut kanan atas. Beberapa penyakit hati dapat menyebabkan nyeri perut kanan atas. penyakit-penyakit itu antara lain, fatty liver (perlemakan hati), kanker hati, abses hati, atau hepatitis akut. Budd-Chiari syndrome, bekuan darah yang menghambat aliran vena yang membawa darah dari hati ke vena cava inferior juga dapat menyebabkan nyeri perut kanan atas.
  • Penyakit yang berasal dari lambung. Penyakit pada lambung (yang seyogianya terletak di tengah dan agak ke kiri perut) dapat menimbulkan nyeri yang menjalar ke perut kanan atas. Salah satunya adalah gastritis. Rasa nyeri dapat disertai dengan mual, muntah, dan kurang nafsu makan. Ulkus peptikum juga dapat menyebabkan nyeri yang menjalar ke kanan atas. nyeri biasanya terjadi setelah makan atau pada malam hari. Kanker lambung juga dapat menyebabkan nyeri perut kanan atas.
  • Penyakit pankreas. Pankreas terletak di bawah hati dan di belakang lambung. Pankreas mengeluarkan enzim untuk membantu pencernaan, dan juga mengeluarkan insulin yang diperlukan untuk penyerapan glukosa ke dalam sel dan jaringan. Penyakit pada pankreas dapat menyebabkan nyeri perut kanan atas. Penyakit pada pankreas antara lain, kanker pankreas, pankreatitis akut atau kronis. Pankreatitis akut dapat menyebabkan nyeri yang hebat.
  • Penyakit pada paru-paru. Loh, apa hubungannya dengan paru-paru? Ya, tetap ada hubungannya. Terutama apabila terjadi yang namanya efusi pleura, atau disebut dengan nyeru pleuritik.  Misalnya, terjadi pneumonia maka akan adanya inflamasi lapisan paru-paru, yakni lapisan pleura, yang kemudian dapat menjalar ke diafragma (otot yang memisahkan perut bagian atas dan paru-paru). Inilah yang dapat menyebabkan nyeri pada perut bagian atas.
  • Penyakit ginjal. Penyakit-penyakit pada ginjal, baik itu batu ginjal atau infeksi pada ginjal juga dapat menyebabkan nyeri perut kanan atas. Namun, kalau disebabkan oleh penyakit ginjal, nyerinya lebih cenderung di bagian belakang.

Nah, ibu Dewi. Untuk mengetahui dengan pasti apa penyakitnya, tentu saja butuh pemeriksaan lebih lanjut. Keluhan-keluhan ibu Dewi mesti diketahui dengan jelas, apa saja keluhan-keluhan lainnya. Juga perlu diketahui riwayat penyakit dahulu yang pernah diderita. Kemudian juga perlu dilakukan pemeriksaan ronsen perut, USG Abdomen, pemeriksaan urin, pemeriksaan feses, pemeriksaan darah, dan pemeriksaan-pemeriksaan lain bila diperlukan. Sebaiknya, ibu berkonsultasi atau berobat dengan dokter spesialis penyakit dalam terdekat. Mudah-mudahan informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat. Terima kasih.





0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)